DOWNLOAD SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN BEASISWA METODE AHP






Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.

Menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat tidak biasa.

Tahapan SPK:
  1. Definisi masalah
  2. Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
  3. Pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
  4. Menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase)
Tujuan dari SPK:
  1. Mendukung manajer dalam mengambil keputusan suatu masalah
  2. Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
  3. Meningkatkan efektivitas bukan efisiensi pengambilan keputusan
Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN BEASISWA METODE AHP  ini berisi tentang proses penentuan penerima beasiswa dengan menggunakan metode AHP. 

Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah teknik untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif yang dapat diambil. AHP dikembangkan oleh Thomas L.Saaty pada tahun 1970-an, dan telah mengalami banyak perbaikan dan pengembangan hingga saat ini. Kelebihan AHP adalah dapat memberikan kerangka yang komprehensif dan rasional dalam menstrukturkan permasalahan pengambilan keputusan. AHP merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah Multi Criteria Decision Making (MCDM).




Tags: download program aplikasi SPK, aplikasi AHP, sistem pendukung keputusan ahp, aplikasi pemilihan beasiswa, program aplikasi metode AHP
loading...

Subscribe to receive free email updates: