Seiring dengan
kemajuan zaman dan teknologi saat ini kendaraan bermotor memenuhi jalan.
Sehingga menyebabkan kemacetan hampir di semua kota Pulau Jawa. Hal ini di
pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang mobile, selain harganya yang relatif
murah daripada mobil. Dengan kemajuan teknolgi mesin motor yang semakin maju,
saat ini sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh
saja orang perantauan di Jakarta pulang kampung
sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka luangkanlah sedikit waktu anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan.
sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun terkadang seseorang lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka luangkanlah sedikit waktu anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan.
Jika ingin motor milik Anda lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya.
1. Jika membeli sepeda motor baru
Jangan digunakan
untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM, ini penting karena
olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen
mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari
pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang.
Manfaatkanlah perawatan gratis yang di berikan oleh dealer diman Anda membeli
sepeda motor. Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie 3 kali
jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu
bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang.
Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya,
maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk
mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.
Tips: Khusus sepeda motor bermesin 4 langkah,tuangkan sedikit olie kedalam lobang knalpot.Hal ini agar knalpot orisinil motor anda lebih awet karena tidak mudah keropos.
2. Perawatan berkala (tune up)
Tune up perlu
dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang
tergores(aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi
pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan
ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh
karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus
dibersihkan saat tuneup.
Mengenai kapan
waktu ideal untuk tuneup, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer
sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Anda tidak
terasa nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune up kebengkel resmi.
3. Penggantian Oli
Standard kekentalan
olie yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of Automotive Engineer). Namun,
kebanyakan olie yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia.
Jadi Anda sudah tidak perlu khawatir mendapatkan standard olie yang salah untuk
motor anda.Yang perlu diperhatikan adalah kapan saat mengganti olie yang tepat.
Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli.
Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik
bagi motor. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai
lagi. Maka gantilah oli setiap kilometer menunjukan 2000 KM perjalanan atau
pada saat anda melakuan perawatan berkala.
Tips: Disiplin
mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas kilometer pemakaian olie ,
akan membuat motor anda selalu prima.
4. Pemakaian motor
Jangan
menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini
akan mempercepat keausan pada rantai mesin, katup bahan bakar, kopling, piston
dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.
Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya, dan inilah yang sering
bermasalah. Jika motor anda memakai gigi manual, pergunakan pemakaian gigi
sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih
besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start
berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4, tapi mulailah dari gigi 1. Hal ini
berpengaruh pada stang piston, piston, kopling dan rantai mesin (4 langkah).
Tips : Terapkan
Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah
nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiemin maka olie akan
turun kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak olie. Pemanasan
mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang
perlu dilumasi. Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah, karena jenis mesin
ini hanya mengandalkan olie mesin saja.
Catatan: Memanaskan
mesin jangan terlalu lama, cukup 5 menit saja. Hal ini nggak baik buat mesin
yang berpendingin udara. Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan,
maka mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik.
5. Kebersihan
Biar rangka motor
lebih awet, rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan
keropos. Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.
Dengan melaksanakan
beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap
prima. Dan yang terpenting, harga jual kembali akan tetap tinggi jika ingin
ganti motor yang baru.
loading...