DOWNLOAD APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS METODE CERTAINTY FACTOR



Sistem pakar adalah kumpulan sistem yang membentuk perangkat lunak atau software dalam komputer yang dirancang untuk menggunakan fakta, teknik, dan ilmu dalam pengambilan keputusan atas masalah yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh tenaga ahli atau pakar dalam bidangnya. Dari pengertian tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa sistem pakar adalah software yang dirancang untuk menyelesaikan masalah kompleks yang hanya bisa dikerjakan oleh para tenaga ahli di bidangnya saja.

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) adalah penyakit peradangan paru yang berkembang dalam jangka waktu panjang. Penyakit ini menghalangi aliran udara dari paru-paru karena terhalang pembengkakan dan lendir atau dahak, sehingga penderitanya sulit bernapas.

Definisi menurut David McAllister, certainty factor adalah suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti.

Faktor kepastian (certainty factor) diperkenalkan oleh Shortliffe Buchanan dalam pembuatan MYCIN. Certainty Factor (CF) merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan.

APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIS METODE CERTAINTY FACTOR ini mengandung pengetahuan tentang diagnosa penyakit Paru Obstruktif Kronik dengan menggunakan salah satu metode sistem pakar yaitu CERTAINTY FACTOR.



Tags: download program aplikasi sistem pakar certainly factor, aplikasi sistem pakar, sistem pakar ppok, aplikasi diagnosa penyakit, program aplikasi sistem pakar ppok, aplikasi ppok

loading...

Subscribe to receive free email updates: